.quickedit{ display:none; }

Ini Adalah Blognya Ani.com Blognya Ani.com Blognya Ani.com
Powered By Blogger

Sabtu, 29 Mei 2010

Pemanasan Global


Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.
Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia" melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.
Model iklim yang dijadikan acuan oleh projek IPCC menunjukkan suhu permukaan global akan meningkat 1.1 hingga 6.4 °C (2.0 hingga 11.5 °F) antara tahun 1990 dan 2100. Perbedaan angka perkiraan itu disebabkan oleh penggunaan skenario-skenario berbeda mengenai emisi gas-gas rumah kaca di masa mendatang, serta model-model sensitivitas iklim yang berbeda. Walaupun sebagian besar penelitian terfokus pada periode hingga 2100, pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil. Ini mencerminkan besarnya kapasitas panas dari lautan.
Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.
Beberapa hal-hal yang masih diragukan para ilmuwan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan, dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Hingga saat ini masih terjadi perdebatan politik dan publik di dunia mengenai apa, jika ada, tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikkan pemanasan lebih lanjut atau untuk beradaptasi terhadap konsekuensi-konsekuensi yang ada. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca.

75 Cara untuk Menyelamatkan Bumi Kita :
Jangan menggunakan listrik untuk penerangan atau peralatan kecuali jika anda benar-bnar sedang menggunakannya, jika tidak menggunakannya matikanlah !
Menggunakan lampu luorescent (neon) yang hemat energi.
Pergunakan penerangan, pembangkit listrik, unit-unit pemanas bertenaga surya.
Manfaatkan lebih banyak penerangan cahaya alam.
Pergunakan ventilasi yang struktural untuk penyejuk ruangan daripada menggunakan Air Condition (AC)
Pergunakan air dingin, bukan air panas.
Pastikan peralatan bertenaga listrik tetap efisien dan terawat dengan baik
Pengendalian penerangan, alat pendingin udara secara otomatis, misal dengan alat sensor cahaya
Pergunakan alat-alat pematul cahaya untuk menggantikan lampu penerangan.
Pergunakan film pelapis kaca atau rayban untuk mengurangi panas matahari.
Tanamlah tanaman sebanyak mungin di kebun anda untuk mengurangi karbondiosida.
Jangan membakar apa saja, bahkan rokok.
Lengkapi mobil atau motor anda dengan katalisator.
Jika anda menghentikan kendaraan dalam waktu yang tidak lama, jangan matikan mesin kendaraan anda.
Kurangi bawaan pada kendaraan anda untuk mengurangi beban, bahkan mengeluarkan sebatang pensil dari kendaraanpun akan membantu.
Jangan membuang sesuatu yang dapat di daur ulang, seperti kaleng aluminium dan kertas. Simpan dan berikan pemulung untuk dijual kembali.
Meminimalisir penggunaan styrofoam (gabus sintetik) untuk bungkus makanan.
Lihat dan periksa kembali jika anda menggunakan aerosol, cat, AC, apakah mengandung khlorofluorokarbon (CFC).
Jangan beli barang apapun yang langsung dibuang sesudah dipakai sekali, jika ada barang sejenis yang dapat dibeli sebagai investasi jangka panjang.
Belilah produk yang anda sukai sehingga produk tersebut tidak perlu diganti sampai benar-benar rusak dan tidak dapat dipakai kembali.
Cobalah untuk tidak memiliki barang yang hanya memiliki nilai estetika saja.
Berhati-hati dengan barang plastik yang anda beli karena ada beberapa jenis plastik tidak dapat di daur ulang.
Bawalah tas anda sendiri jika hendak berbelanja yang terbuat dari kain atau kanvas untuk mengurangi produk plastik.
Katakan pada seseorang jika anda melihatnya membuang sampah secara sembarangan.
Jangan sekali-sekali memotong tanaman atau menebang pohon karena tetumbuhan membantu menyelamatkan bumi.
Sirami taman anda dengan air hujan, buat sistem tadah hujan.
Pergunakan air sehemat mungkin untuk mencuci kendaraan dan menyiram kebun anda.
Pisahkan sampah yang dapat di daur ulang dan tidak.
Jangan membuang sampah kedalam saluran air, terusan air, sungai dan laut.
Jangan gunakan bahan kimia terutama bahan detergen dan bahan pembersih yang mengandung phospat.
Pakailah bahan pengganti zat kimia dalam rumah misal jus lemon dicampur dengan garam,cuka dan amoniak.Jangan menggunakan air lebih dari yang anda perlukan.
Apabila mungkin, air di daur ulang.
Jangan menggunakan air untuk membersihkan halaman jika dapat dibersihkan dengan sapu.
Pastikanlah agar keran bekerja dengan baik dan pergunakan pancuran yang mengalir pelan.
Periksa pembilas toilet berada dalam keadaan baik untuk menghindarkan pembilasan yang tidak perlu.
Simpan air bekas dan mesin cuci pakaian untuk mencuci kendaraan anda.
Biasakan meminum air dengan tidak menyisakan air dalam gelas.
Jangan melakukan perjalanan, kecuali anda terpaksa melakukannya.
Jangan melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi, kecuali jika anda memang terpaksa.
Pergunakan kendaraan umum untuk mengurangi kemacetan, karbon monoksida dan ongkos parkir.
Pergunakan sepeda, jika jarak yang ditempuh relatif dekat.
Pergunakan bahan bakar yang bebas timah (unleaded fuel)
Pergunakan bahan bakar beroktan rendah.
Mengkonversi mesin kendaraan anda untuk memakai gas alam yang dipadatkan.
Merawat mesin dengan teratur.
Pilih kendaraan yang menggunakan bahan bakar paling efisien.
Jika hendak mencetak (nge-print) periksa setting print terlebih dahulu, pergunakan cetak draft untuk menghemat tinta.
Pergunakan dibalik kertas yang telah terpakai untuk kebutuhan intern.
Jangan pergunakan gambar-gambar yang yang tidak dibutuhkan dalam sebuah tulisan, karena gambar membutuhkan tinta yang lebih.
Pilih jenis dan ukuran huruf yang standart.
Jangan mempergunakan pupuk yang mengandung zat kimia atau penyalahgunaan pestisida.
Pergunakan bahan kimia untuk tanaman herbisida dan fungisida seefisien mungkin.
Mulailah menanam tanaman dengan teknik hidroponik (ditanam tanpa menggunakan tanah dan hanya memberi gizi secukupnya di dalam air.
Untuk pedagang keliling, jangan menghidupkan alat-alat yang menimbulkan suara bising, kecuali untuk memberikan demonstrasi kepada konsumen.
Menghindarkan musik pengiring ditempat-tempat publik.
Jangan mengoperasikan peralatan pada jam-jam puncak istirahat.
Hindari memperdengarkan musik bersuara keras, sehingga mengaburkan bunyi pengumuman yang penting.
Pastikan bahwa peralatan benar-benar kedap suara dan diservis untuk memperkecil suara bising.
Pakailah alat penutup telinga jika bekerja pada mesin yang bersuara bising.
Pastkan agar produk yag menimbulkan suara mengeluarkan suara sekecil mungkin atau diisolasi.
Gunakanlah alat-alat musik pada tingkat suara yang wajar dan tidak memekakkan telinga.
Jangan menempel poster,atribut organisasi atau hal-hal yang berbau promosi di dinding atau tembok di area publik.
Hindari pemasangan tanda penunjuk atau rambu lebih dari satu sehingga orang tidak dibingungan dengan rambu itu.
Pasanglah reklame atau baliho pada tingkat kewajaran.
Jangan bangun pabrik yang menimbulkan pencemaran di daerah pemukiman.
Pastikan adanya prasarana yang memadai untuk pembuangan seluruh limbah.
Meminimalisir tingkat asap beracun dan limbah cair yang rendah.
Cari informasi dari pemerintah mengenai standar pencemaran udara dan air yang dapat diterima.
Pergunakan bahan bakar yang paling sedikit menimbulkan pencemaran.
Pergunakan teknologi pembersih atau anti pencemaran yang ada untuk menjaga agar prosesing pabrik anda menjadi bersih.
Hindarkan pemakaian bahan-bahan beracun, kecuali jika hal tersebut sangat diperlukan sekali.
Jangan menanam limbah beracun tanpa nasehat ahli.
membuang limbah beracun di luar pabrik anda.
Jangan membakar limbah industri di tempat terbuka. (Berbagai Sumber)

SEKARANG ATAU TIDAK SAMA SEKALI, TIDAK ADA KATA TERLAMBAT UNTUK BUMI INI.

Sumber :
wikipedia
learningrevolution.wordpress.com

Jumat, 28 Mei 2010

Sejarah Biliar


Biliar adalah sebuah cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil.
Cabang olahraga ini dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus serta peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari beberapa Jenis, antara lain jenis Carom, English Billiard dan Pool. Dapat dimainkan secara perorangan maupun tim.
Sebagai contoh, jenis Carom dimainkan di meja yang tidak memiliki lubang sama sekali. Ini berbeda dengan jenis English Billiard dan Pool yang dimainkan di meja yang memiliki lubang sebanyak 6 buah. Meski sama-sama memilki 6 buah lubang, ukuran atau luas meja antara English Billiar dan Pool pun berbeda, lebih luas meja jenis English Billiard.
Sampai saat ini, tahun 2008, yang sangat berkembang di Indonesia adalah jenis Pool yang itu pun masih terbagi dalam Nomor bola 15, bola 8 dan bola 9. Dahulu di Indonesia, biliar identik dengan olahraga yang selalu dimainkan oleh para lelaki saja. Namun saat ini banyak wanita yang mulai menggemari olahraga biliar. Adalah Bapak Putera Astaman, mantan Ketua Umum PB. POBSI, yang berhasil menaikan Citra Olahraga Biliar, di Indonesia dari Sekedar Olahraga Rekreasi menjadi Olahraga Prestasi.
Biliar, jenis Pool telah berkembang menjadi salah satu cabang olahraga yang mampu ikut mengharumkan nama bangsa Indonesia. Contohnya, pada World Pool Championship (kejuaraan dunia biliar jenis pool untuk nomor bola 9) tahun 2006 kemarin, pemain seperti Ricky Yang, M. Zulfikri berhasil masuk ke jajaran 32 besar pemain dunia. Roy Apancho berhasil masuk ke jajaran pemain 64 besar dunia. Apsi Chaniago berhasil masuk ke jajaran pemain 128 besar dunia.
Pada pesta olahraga antar bangsa SEA Games XXIV, 2007 yang lalu, terjadi kejutan peningkatan prestasi secara luar biasa pula pada cabang olahraga Biliar jenis Pool, dengan mampunya diraih Medali Emas nomor bola 8, Wanita Perorangan sekaligus Medali Perak nomor bola 9, Wanita Perorangan oleh seorang Atlet Muda Usia yakni Angeline Magdalena Ticoalu serta Medali Emas nomor bola 9, Pria Perorangan oleh Ricky Yang. 'G

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Biliar

Kamis, 27 Mei 2010

Sejarah Boling


Bowling adalah suatu jenis [olahraga] atau [permainan] yang dimainkan dengan menggelindingkan [bola] dengan menggunakan [tangan]. Bola boling akan digelindingkan ke pin yang berjumlah sepuluh buah yang telah disusun menjadi bentuk [segitiga] jika dilihat dari atas.

Jika semua pin dijatuhkan dalam sekali gelinding (lemparan) maka itu disebut strike. Jika pin tidak dijatuhkan sekaligus maka diberikan satu kesempatan lagi untuk menjatuhkan pin yang tersisa. Bilamana pada lemparan kedua tidak ada lagi pin tersisa disebut spare. Jika setelah dua kali masih ada pin yang tersisa maka disebut open frame (missed) yang kesemuanya itu akan menentukan perhitungan angka yang didapat dalam setiap gamenya. Pin akan kembali disusun seperti semula untuk frame selanjutnya.

Cara perhitungan angka untuk olahraga ini adalah : setiap game mempunyai 10 frame setiap frame mempunyai 2 kotak yang melambangkan dua kali kesempatan lemparan. Khusus pada frame ke 10 ada 3 kotak yang artinya bisa mempunyai kesempatan 3 kali lemparan. Score tertinggi dalam setiap gamenya adalah 300 yang disebut perfect game. Setiap Frame strike akan mendapatkan tambahan angka dari 2 lemparan selanjutnya, sedangkan untuk spare mendapat tambahan angka dari 1 lemparan selanjutnya.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Boling

Sejarah Bahasa Esperanto


Esperanto adalah bahasa artifisial yang diciptakan oleh Ludovich Zamenhoff, seorang Polandia. Nama "Esperanto" adalah nama samaran dari L.L Zamenhof sendiri ketika ia menerbitkan tentang bahasanya pada tahun 1887. Tujuan utama Zamenhof adalah untuk membuat bahasa netral yang mudah dipelajari dan digunakan sebagai bahasa perantara oleh berbagai orang yang memiliki bahasa ibu yang bermacam-macam.

L.L. Zamenhoff dilahirkan di Białystok, Polandia (pada waktu itu masih bagian dari Rusia). Ia tumbuh berkembang di tengah-tengah komunitas yang poliglot, yang membuatnya berpikir bahwa diperlukan sebuah bahasa pemersatu yang akan mengakhiri permasalahan-permasalahan yang ditimbulkan akibat adanya berbagai macam bahasa yang seringkali menimbulkan konflik dan kerisuhan. Ia menolak bahasa-bahasa besar yang ada pada saat itu (Perancis, Jerman, Inggris, Rusia) karena mereka susah dipelajari dan akan menempatkan pengguna bahasa tersebut pada posisi yang lebih diuntungkan daripada orang lain; ia juga menolak dua bahasa "mati" yang mana ia kuasai, Latin dan Yunani, karena mereka lebih susah dipelajari dan dikuasai daripada bahasa-bahasa yang lain. Ia mulai mengembangkan bahasa yang ia rencanakan sendiri, yang pada akhirnya ia sebut dengan sebutan "Lingvo Internacia", pada waktu ia mulai masuk SMA, sampai puncaknya ketika ia menerbitkan buku pengantar bahasa buatannya (untuk pembaca berbahasa Rusia). Pada waktu yang hampir bersamaan, ia juga menikah dan memulai karir kedokterannya.

Esperanto dikembangkan pada 1877-1885 oleh L.L. Zamenhoff. Setelah sekitar sepuluh tahun perkembangannya, pada 26 Juli 1887 dia menerbitkan Unua Libro, tata bahasa pertama dari Esperanto, di Rusia, diikuti oleh versi dari beberapa bahasa lain dari tahun 1887 sampai 1889. Jumlah penuturnya berkembang pada dekade dekade selanjutnya, pada awalnya sebagian besar hanya di Kerajaan Rusia dan Eropa Timur, lalu merambah ke Eropa Barat dan lalu ke Amerika. Pada dekade dekade awal penutur Esperanto biasanya berhubungan satu sama lain melalui majalah dan korespondensi. Pada tahun 1905 Kongress Esperanto Dunia diadakan di Boulogne-sur-Mer, Perancis sejak itu kongress dunia diadakan setiap tahun kecuali ketika perang dunia.
Kata 'Esperanto' sendiri berarti "seseorang yang berharap" di dalam bahasa Esperanto. Kata tersebut digunakan oleh Zamenhof sebagai pseudonim buku pertamanya. Lambat laun istilah tersebut digunakan untuk menyebut bahasa itu sendiri.

Secara linguistik, bahasa Esperanto tidak lebih baik (superior) atau kalah baik (inferior) daripada bahasa-bahasa lain, buatan maupun tidak. Beberapa kelebihan yang dimiliki bahasa Esperanto yang tidak dimiliki bahasa lain antara lain:
Bahasa netral: karena bahasa tersebut bukan merupakan bahasa ibu siapapun di dunia ini, maka bahasa tersebut dianggap milik yang setara bagi semua orang (meskipun bahasa Esperanto memberikan keuntungan lebih bagi orang-orang yang menggunakan alfabet Latin daripada misalnya pengguna bahasa Tionghoa atau bahasa Arab).
Bahasa yang relatif mudah dipelajari: dari pengakuan-pengakuan para pengguna bahasa ini dan juga dari bukti-bukti anekdotal, bahasa Esperanto sekitar lima kali lebih mudah dipelajari oleh pengguna bahasa Inggris daripada bahasa Spanyol, sepuluh kali lebih mudah daripada bahasa Rusia, dan "jauh lebih mudah" daripada bahasa Tionghoa, Jepang, atau bahasa Arab.
Segala klaim bahwa bahasa Esperanto lebih mudah dipelajari sekali lagi tidaklah mungkin dibuktikan dengan pasti, karena sekali lagi, tidak ada bukti yang dapat digunakan untuk hal tersebut.
Fitur-fitur yang dimiliki bahasa Esperanto:
Sistem pengejaan yang sama: berlainan dengan bahasa Tionghoa yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mengingat-ingat hubungan antara suatu karakter dengan pengucapannya, atau bahasa Inggris yang memiliki banyak sekali inkonsistensi dalam pengejaannya, Esperanto, sama seperti bahasa Indonesia, memiliki sistem satu-huruf-satu-suara, mudah sekali untuk mempelajari sistem pengejaan bahasa ini.
Tata bahasa yang sama dan tanpa perkecualian: Hanya dengan menguasai enam belas peraturan tata-bahasa yang singkat seseorang sudah dapat membuat kalimat di dalam bahasa Esperanto yang benar, berguna, dan bermanfaat.
Sistem penciptaan kata dari kata lain yang mudah dipelajari: hanya dengan menguasai sekitar 500 kosakata (kata dasar, partikel, afiks) seseorang dapat dengan mudah mengembangkan kosakatanya hingga kosakata-kosakata teknis. Meskipun Esperanto secara umum memiliki perbendaharaan kata dasar unik yang cukup besar (sekitar 9000), banyak di antaranya yang cuma merupakan sinonim dari kata-kata yang dapat dirangkai dari kelima ratus kata dasar yang tersebut di atas, dan seringkali dianjurkan (dan biasanya dianggap lebih elegan) untuk merangkai kata-kata sendiri daripada menggunakan kata yang sudah ada.

Jumlah pengguna bahasa Esperanto sulit untuk dihitung, karena sensus secara menyeluruh di dunia sulit untuk dilakukan. Perkiraan yang paling dekat yaitu sekitar dua juta pengguna. Wikipedia berbahasa Esperanto [eo.wikipedia.org] memiliki artikel sebanyak 86.846 sekitar tahun 2001, jauh lebih banyak daripada Wikipedia berbahasa Indonesia yang pada tahun 2007 "hanya" memiliki 64.514 artikel. Jumlah dua juta pengguna bahasa ini dapat ditarik dari banyaknya penjualan teks atau karya literatur yang menggunakan bahasa tersebut, banyaknya jumlah tulisan di internet, dan lain sebagainya. Jumlah dari sumber-sumber lain berkisar antara sepuluh ribu (oleh lawan-lawan Esperanto) hingga tiga puluh atau empat puluh juta (oleh pengguna antusias Esperanto).
Pada tahun 1927 ketika populasi bumi sekitar dua miliar orang, Dr. Johannes Dietterle dari Reich Institute fur Esperanto di Leipzig menyelenggarakan survei dimana ia memperkirakan jumlah pengguna Esperanto ada sekitar 128.000 orang. Saat ini populasi bumi sekitar enam miliar orang, dan perkiraan jumlah pengguna Esperanto ada sekitar dua juta orang. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengguna Esperanto meningkat sangat pesat dalam kurun waktu 80 tahun.

Pengguna sejak lahir
Dalam seratus dua puluh tahun sejarah Esperanto banyak penggunanya yang menjadi sangat tertarik oleh bahasa ini sehingga mengajarkannya kepada anak mereka yang baru lahir, dengan demikian bahasa ini menjadi bahasa ibu anak tersebut. Faktor lain yang berperan penting adalah banyaknya pernikahan antar pasangan dengan bahasa yang berbeda bahasa dan hanya bahasa Esperanto yang mereka berdua sama-sama kuasai. Sebagai akibatnya saat ini ada beberapa ratus hingga beberapa ribu individual di seluruh dunia yang menyebut bahasa Esperanto sebagai bahasa ibu mereka. Saat ini paling tidak ada satu konferensi tahunan, satu majalah internasional, dan satu milis internet yang dikhususkan untuk individual-individual seperti mereka. Namun demikian, sejauh yang diketahui, tidak ada pengguna monolingual bahasa Esperanto setelah usia tiga atau empat tahun - dengan kata lain, setelah melampaui usia dimana sosialisasi di luar keluarga inti mereka menjadi hal yang penting. Selain itu, karena jumlah mereka sangat sedikit dan mereka secara umum tidak seantusias orangtua mereka, pengaruh yang mereka berikan untuk perkembangan dan pemakaian bahasa ini sangat sedikit pula.

Pengguna menurut asalnya
Kebanyakan pengguna bahasa Esperanto berasal dari Eropa Timur dan Tengah, terutama dari bekas negara-negara Uni Soviet, termasuk negara-negara di kawasan Baltik; dan di Asia Timur, terutama Tiongkok. Bahasa ini juga banyak dikenal di kawasan Amerika Selatan dan Asia Selatan, dan tidak banyak di kenal di kawasan Amerika Utara, Afrika, dan dunia Muslim (Arab dan negara-negara dengan mayoritas penduduk Islam lainnya).
Secara resmi tidak ada negara yang mengakui Esperanto sebagai bahasa resmi. Beberapa negara pada satu waktu, ikut mendanai promosi penggunaan bahasa Esperanto untuk kepentingan mereka sendiri (dalam 25 tahun terakhir termasuk Hungaria, Vietnam, dan Tiongkok) dan bahkan membiayai organisasi nasional Esperanto untuk alasan yang sama, tapi sejauh ini tidak ada yang mendukung bahasa Esperanto sebagai bahasa internasional atau mendukung pengajaran bahasa ini secara luas di negara mereka.

Beberapa negara pernah menolak penggunaan bahasa ini:

Pemerintahan Tsar di Rusia memban semua majalah dan buku dalam bahasa Esperanto dari tahun 1895 hingga 1905.

Uni Soviet memberi batasan yang berat akan penggunaan Esperanto oleh masyarakat mulai tahun 1930 hingga puncaknya pada tahun 1938 ketika semua pengguna tercatat bahasa ini di USSR dikumpulkan dan dikirim ke Gulag atau ditembak. Esperanto secara resmi dilarang di Uni Soviet hingga tahun 1956, tidak direkomendasikan hingga tahun 1979, dan dibawah pengawasan ketat pemerintah hingga akhir 1980-an.

Pemerintahan Perancis pada awal 1920-an melarang pengajaran bahasa Esperanto di sekolah-sekolah di Perancis.
Adolf Hitler secara khusus menyebut Esperanto sebagai alat dominasi kaum Yahudi pada sebuah pidato di Munich tahun 1922, dan mengembangkan ide ini dalam bukunya, Mein Kampf. Organisasi-organisasi Esperanto dilarang di Jerman pada pertengahan tahun 1930-an, dan pengguna bahasa Esperanto di daerah-daerah yang diduduki selama Perang Dunia II biasanya tidak dianjurkan untuk digunakan (lebih umum di kawasan Barat) atau dihabisi (lebih umum di kawasan Timur).

Sebelum dan selama masa perang, pemerintah militer Jepang tidak menganjurkan, menyiksa, dan kadang-kadang membunuh pemakai bahasa Esperanto dengan dasar bahwa "pemakai bahasa Esperanto seperti buah semangka - hijau di luarnya [warna yang diasosiasikan dengan Esperanto] tapi merah [Komunis] di dalamnya."

Pemerintahan Komunis Tiongkok bersikap ambigu terhadap Esperanto. Pembelajaran bahasa ini dengan pengawasan pemerintah tidak hanya dibolehkan namun juga dianjurkan (dan bahkan diwajibkan). Belajar bahasa Esperanto diluar pengawasan pemerintah, di pihak lain, sangat tidak dianjurkan, bahkan pada zaman Revolusi Kebudayaan dapat membawa seseorang ke penjara atau yang lebih buruk lagi.

Bahasa Esperanto dilarang di Romania di bawah pemerintahan rejim Ceauşescu, dan buku-buku serta majalah Esperanto dilarang untuk diedarkan di negara tersebut (walaupun secara rutin diselundupkan masuk oleh pengguna Esperanto dari Bulgaria, Hungaria, dan Yugoslavia).

Para Mullah di Iran dengan cepat mendukung penggunaan bahasa Esperanto setelah tahun 1979 karena Esperanto "bukan" merupakan bahasa Barat. Tapi pada 1981, ketika ditemukan bahwa penganut agama Baha'i juga tertarik dengan bahasa ini, tiba-tiba warga Iran tidak mau menggunakan bahasa ini karena takut diasosiasikan dengan ajaran tersebut.

Seorang pengguna Esperanto di Irak pada masa Saddam Hussein langsung dipenjarakan dan dideportasikan tidak lama setelah ia berusaha mengajarkan bahasa tersebut kepada orang lain.

Dua pengguna Esperanto di Swedia dipukuli hingga luka para oleh polisi-polisi Tanzania ketika berusaha mengajari para pengungsi bahasa Esperanto. (Ini tidak mencerminkan kebijakan resmi negara Tanzania)
Penggunaan Esperanto di Spanyol di bawah pemerintahan Franco sangat tidak ditoleransi, karena kebanyakan pemakainya merupakan anggota sayap kiri dan karena banyak pemakainya yang bergabung dengan kubu Republik pada masa Perang Saudara.

Bahasa Esperanto diban di Portugis di bawah pemerintahan diktator Salazar dan keadaan pengguna bahasa tersebut lebih buruk daripada yang di Spanyol.
Contoh yang terkenal: sebuah buku yang terkenal yang menulis tentang masalah ini: La danĝera lingvo (Bahasa yang Berbahaya) yang ditulis oleh Ulrich Lins; judul buku ini berasal dari sebuah komentar yang dikemukakan oleh Josef Stalin.

Melville J. Herskovits


Melville Jean Herskovits (10 September 1895 - 25 Februari 1963) adalah nama seorang antropolog Amerika Serikat yang lahir di Bellefontaine, Ohio. Ia adalah penulis buku kontroversial The Myth of the Negro Past yang membahas tentang pengaruh kebudayaan Afrika dalam kehidupan kulit hitam Amerika. Ia juga turut berperan membentuk konsep relativitas kebudayaan melalui bukunya yang berjudul Man and His Works.
Ia mendapatkan gelar PhD pada bidang studi Antropologi dari Colombia University di New York dengan bimbingan dari seorang antropolog Jerman-Amerika terkenal Franz Boas.
Herskovits wafat pada usia 68 tahun di Evanston. Pada tahun 1954, The Melville J. Herskovits Library of African Studies, sebuah perpustakaan yang banyak memiliki koleksi buku tentang Afrika, didirikan di Northwestern University untuk mengenang jasa-jasanya.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Melville_J._Herskovits

Rabu, 26 Mei 2010

Akhirnya Dilahirkan Graphics Card DirectX 11


Penantian panjang berakhir sudah, graphics card DirectX 11 pertama NVIDIA akhirnya dilahirkan. Apakah penantian ini akan terobati dengan feature dan kinerja yang ditawarkan? CHIP akan mencoba mengulasnya.

?Selama beberapa bulan belakangan ini, graphics card ATI memang merajai pasaran graphics card DirectX 11. ATI memang telah merilis graphics card DirectX 11 mereka sejak akhir tahun lalu. Hingga saat ini, ATI telah merilis beberapa varian seri HD 5000 yang mengisi kelas high-end, mainstream dan low-end.

Beberapa bulan yang lalu, ATI seperti tidak mempunyai lawan untuk graphics card DirectX 11 mereka. NVIDIA sebagai pesaing utama ATI belum merampungkan graphics card DirectX 11 mereka untuk melawan graphics card dari ATI. Akan tetapi keadaan sekarang sepertinya berbalik. Pada akhir Maret lalu, NVIDIA secara resmi merilis graphics card DirectX 11 mereka dengan codename “GF100″ de ngan arsitektur “Fermi”. Seri graphics card ini adalah GTX 400. Sebagai langkah awal, NVIDIA merilis GeForce GTX 480 dan GeForce GTX 470 yang menempati kelas high-end.Spesifikasi
Jumlah transistor berlimpah, shader lebih banyak, proses fabrikasi terbaru, dan feature graphics card terkini menjadi modal NVIDIA untuk graphics card seri GTX 400 ini. Salah satu menu utama untuk seri GTX 400 ini adalah dukungan teknologi DirectX 11 yang menawarkan salah satu feature di dalamnya yaitu Tesselation dan Direct Compute.

Sumber: http://chip.co.id/articles/featured/2010/05/15/akhirnya-dilahirkan/

Sejarah Televisi

Kita pasti tidak asing lagi dengan benda yang bernama Televisi, ada istilah yang sering kita dengar yaitu Televisi sumber informasi. Dalam artikel ini saya hanya mencoba menceritakan sejarah tentang televisi dari tahun 1876 sampai 1995 yaitu lahirnya TV plasma.

Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang memiliki arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal disebut dengan TV, tivi, teve atau tipi.

Televisi terus berkembang dari tahun ketahun, banyak pihak, penemu, dan inovator yang terlibat dalam Pembuatan televisi ini, ada yang peorangan atau badan usaha. Televisi juga merupakan awal era komunikasi elektronik yang tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar, hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (1831).

Berikut ini adalah perkembangan Televisi dari tahun ke tahun:

Pada tahun 1876 George Carey menciptakan selenium camera yang digambarkan dapat membuat seseorang melihat gelombang listrik. Belakangan, Eugen Goldstein menyebut tembakan gelombang sinar dalam tabung hampa itu dinamakan sebagai sinar katoda.



Pada tahun 1884 Paul Nipkov, Ilmuwan Jerman, berhasil mengirim gambar elektronik menggunakan kepingan logam yang disebut teleskop elektrik dengan resolusi 18 garis.



Pada tahun 1888 Freidrich Reinitzeer, ahli botani Austria, menemukan cairan kristal (liquid crystals), yang kelak menjadi bahan baku pembuatan LCD. Namun LCD baru dikembangkan sebagai layar 60 tahun kemudian.

Pada tahun 1897 Tabung Sinar Katoda (CRT) pertama diciptakan ilmuwan Jerman, Karl Ferdinand Braun. Ia membuat CRT dengan layar berpendar bila terkena sinar. Inilah yang menjadi dassar televisi layar tabung.



Pada tahun 1900 Istilah Televisi pertama kali dikemukakan Constatin Perskyl dari Rusia pada acara International Congress of Electricity yang pertama dalam Pameran Teknologi Dunia di Paris.

Pada tahun 1907 Campbell Swinton dan Boris Rosing dalam percobaan terpisah menggunakan sinar katoda untuk mengirim gambar.

Pada tahun 1927 Philo T Farnsworth ilmuwan asal Utah, Amerika Serikat mengembangkan televisi modern pertama saat berusia 21 tahun. Gagasannya tentang image dissector tube menjadi dasar kerja televisi.

Pada tahun 1929 Vladimir Zworykin dari Rusia menyempurnakan tabung katoda yang dinamakan kinescope. Temuannya mengembangkan teknologi yang dimiliki CRT.

Pada tahun 1940 Peter Goldmark menciptakan televisi warna dengan resolusi mencapai 343 garis.



Pada tahun 1958 Sebuah karya tulis ilmiah pertama tentang LCD sebagai tampilan dikemukakan Dr. Glenn Brown.

Pada tahun 1964 Prototipe sel tunggal display Televisi Plasma pertamakali diciptakan Donald Bitzer dan Gene Slottow. Langkah ini dilanjutkan Larry Weber.

Pada tahun 1967 James Fergason menemukan teknik twisted nematic, layar LCD yang lebih praktis.

Pada tahun 1968 Layar LCD pertama kali diperkenalkan lembaga RCA yang dipimpin George Heilmeier.

Pada tahun 1975 Larry Weber dari Universitas Illionis mulai merancang layar plasma berwarna.



Pada tahun 1979 Para Ilmuwan dari perusahaan Kodak berhasil menciptakan tampilan jenis baru organic light emitting diode (OLED). Sejak itu, mereka terus mengembangkan jenis televisi OLED. Sementara itu, Walter Spear dan Peter Le Comber membuat display warna LCD dari bahan thin film transfer yang ringan.

Pada tahun 1981 Stasiun televisi Jepang, NHK, mendemonstrasikan teknologi HDTV dengan resolusi mencapai 1.125 garis.

Pada tahun 1987 Kodak mematenkan temuan OLED sebagai peralatan display pertama kali.

Pada tahun 1995 Setelah puluhan tahun melakukan penelitian, akhirnya proyek layar plasma Larry Weber selesai. Ia berhasil menciptakan layar plasma yang lebih stabil dan cemerlang. Larry Weber kemudian megadakan riset dengan investasi senilai 26 juta dolar Amerika Serikat dari perusahaan Matsushita.



Pada dekade 2000 Masing masing jenis teknologi layar semakin disempurnakan. Baik LCD, Plasma maupun CRT terus mengeluarkan produk terakhir yang lebih sempurna dari sebelumnya.

Memang benar banyak sebagian orang mengatakan kalau gambar yang dihasilkan TV LCD dan Plasma memiliki resolusi yang lebih tinggi. Tetapi kekurangannya adalah masa atau umur TV tersebut tidak dapat berumur panjang jika kita memakainya terus-menerus jika kalau dibandingkan dengan TV CRT atau yang dikenal sebagai tivi biasa yang digunakan orang pada umumnya.

Selasa, 25 Mei 2010

Menjadi Dewasa Lebih Baik

Dalam kehidupan ini pasti kita mengalami sesuatu masalah yang membuat kita menjadi jengkel dan kesal, malah terkadang kita menjadi stress bila memikirkannya. Seperti yang saya alami semenjak menjadi mahasiswa, saya selalu merasa kesal ditambah emosi oleh suatu keadaan yang tidak pernah saya inginkan. Keadaan dimana saya harus menghadapi tingkah laku salah satu teman saya yang selalu membuat saya naik darah. Saya tidak mengerti apa maunya dan bagaimana jalan pikirannya, yang jelas dia selalu memancing emosi saya. Saya hanya bisa diam walaupun dia menghina dan menjelek-jelekkan saya di dunia maya.

Awalnya saya memang yang berbuat salah karena saya pernah memarahi dia di Facebook, itu semua karena ulah salah satu teman saya yang memasukkan foto yang menurut saya tidak layak untuk di apload tapi dengan seenak dia malah balik menyerang saya dengan kata-kata kotornya bukan hanya itu bahkan dia menghasut yang lainnya untuk menyerang balik saya. Saya memang sempat down tapi untungnya masih ada anak-anak berhati baik yang slalu mensupport saya untuk tidak meladeni mereka. Bukan hanya di situ saja ulahnya, bahkan dia juga pernah mengedit foto-foto saya dengan menambahkan hinaan-hinaan di atasnya lalu di sebar luaskan di facebook. Untuk yang satu ini saya tidak tinggal diam saya juga balik mengedit fotonya dengan menambahkan rambut palsu dan kacamata, dengan begitu tadinya saya berharap dia akan menyerah dan sadar kalau apa yang dilakukannya itu juga bisa di lakukan saya, eh dia jadi makin jadi saja. huhhh saya lelahh!!!

Nah... bukan hanya sampai di situ dia buat saya kesal, yang baru-baru ini terjadi yaitu tentang suatu komentar di salah satu dosen softskill. Dia menjelek-jelekan saya habis-habisan, huhhh,,, saya sampai sekarang ga ngerti kenapa di begitu dia bilang komentar saya salah, saya cuma bisa komentar padahal saya tidak megerti kasus yang saya komentari dan dia juga bilang kalau saya tidak berfikir pake otak dan cuma bisa cuap-cuap doang. Ya Allah apa salah saya coba?? saya cuma komentar setau saya dan saya juga mencoba membaca refrensi lain yang sama dengan artikel yang harus di komentari. Kalau dia memang ingin interaktif dengan komentar-komentar orang lain dia juga harus adil dong, semua orang yang komentar di situ juga di komentarin juga dong? Tapi apa? dia malah seenaknya merendahkan komentar saya dan menganggap komentarnya adalah yang paling benar. Bukan hanya sekali bahkan dua kali dan saya pikir seterusnya dia akan seperti itu.

Satu hal yang saya tidak habis pikir disini.
1. Dia selalu mencari gara-gara duluan sama saya tapi ketika saya melawan dia malah makin membuat ulah. bahkan dia malah balik bilang kalau saya yang membuat ualh duluan padahal dia yang pertama membuat ulah.

2. Saya tahu dan saya mengerti pengetahuan saya memang tidak sebaik dia tapi setau saya KALAU KITA PUNYA ILMU ITU BUKAN UNTUK MERENDAHKAN ORANG LAIN JUSTRU UNTUK MEMBANTU ORANG LAIN. Tapi apa?? dia malah selalu merendahkan saya seolah-olah dia ingin menunjukkan bahwa saya ini orang paling bodoh.

3. Sudah jelas-jelas dia salah tapi ada saja yang membela dia. Ga ngerti deh sama jalan pikir orang-orang itu. TAPI MEMANG LEBIH BANYAK YANG MEMIHAK ORANG JAHAT DARI PADA ORANG BAIK. YANG MASUK SURGA JUGA LEBIH BANYAK.

Saya udah cape dengan semua ini. saya selalu berfikir bahwa ini adalah saatnya saya berfikir dewasa saja. Dengan sifat dia yang seperti itu malah menunjukkan betapa buruknya tingkah laku dia selama ini. Dan kalau saya meladeni dia itu sama saja membuat saya sama buruknya seperti dia. Jadi saya memutuskan untuk diam saja dan mencoba berfikir positif saja.

Maaf saya membuat tulisan ini bukan untuk merendahkan siapapun. saya membuat tulisan ini hanya semata-mata untuk meluapkan semua unek-unek saya selama ini. Jujur butuh waktu yang lama untuk belajar dari semua ini dan butuh waktu yang lama juga untuk bangkit dan mengatakan bahwa saya PANTANG MENYERAH WALAU DI HINA!!!!

Senin, 24 Mei 2010

Pendidikan Anak Kurang Mampu


Pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk masa depan kita sebagai anak bangsa. Tidak perduli kaya dan tidak perduli miskin semua berhak mendapatkan pendidikan seperti yang di janjikan pemerintah dalam undang-undang no.2 tahun 1989 pasal 5 yang berbunyi "Setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk nemperoleh pendidikan". Ini jelas harus membuat kita sadar betapa pentingnya pendidikan bagi setiap warga negara indonesia, begitu pula dengan anak kurang mampu seperti anak dari keluarga kurang mampu, anak jalanan dan yatim piatu.






Pemerintah memang sedang berupaya untuk meningkatkan pendidikan bagi anak kurang mampu dengan mencanangkan program sekolah gratis bagi SD, SMP, dan SMA. Pemerintah memberi bantuan dengan dana BOS (Biaya Operasional Sekolah) yang di dalamnya termasuk sumbangan pembiayaan pendidikan (SPP), uang penerimaan siswa baru (PSB), biaya ujian sekolah dan juga BOS buku. Dana BOS yang akan diterima oleh tiap siswa adalah sebesar Rp. 400.000/ tahun untuk SD / SDLB di wilayah kota, Rp. 397.000/ tahun untuk SD/ SDLB di kabupaten. Sedangkan untuk siswa SMP/ SMPLB/ SMPT di kota Rp. 575.000/ tahun dan SMP/ SMPLB/ SMPT di kabupaten Rp. 570.000/ tahun. Hal ini juga tidak membuat banyak perubahan karena yang kurang mampu tetap saja tidak bisa sekolah karena minimnya informasi.

Ya.. saya hanya bisa berharap kalau pendidikan bagi anak kurang mampu bukan hanya tugas pemerintah saja tapi tugas kita juga sebagai seorang manusia untuk hidup saling membantu satu sama lain. Bukan begitu??

Jenis - jenis Printer

Dot Matrix Printers
Dot Matrix Printers, yang bekerja dengan cara hentakkan. Jenis ini sebenarnya menghentakkan tinta di atas karbon untuk membentuk karakter di kertas. Printer ini banyak digunakan untuk mencetak slip gaji dan wartel.




Cara kerjanya yaitu:
Di dalam kepala printer (printhead) berisi beberapa pin yang bergerak dari kiri ke kanan kertas dalam satu baris untuk waktu tertentu. Semakin banyak pin yang terdapat pada kepala printer maka hasil dari cetakan semakin bagus yang diberi nama Near Letter Quality (NLQ). Adapun jumlah pin yang terdapat pada dot matrix, yaitu: 9-pin, 24-pin, 48-pin. Kecepatan untuk dot matrix printer dalam pencetakan disebut characters per second(cps).

Inkjet Printers
Jenis printer ini sering digunakan untuk percetakan dalam jumlah yang sedikit dan tidak mengutamakan kecepatan, seperti mencetak surat di kantoran dan di rumah.




Printer jenis ini bekerja dengan cara menyemprotkan cairan tinta ke kertas. Print head printer inkjet diberi nama piezoelectric printheads. Kualitas hasil printer diukur dengan dots per inch (dpi) dan kecepatan mencetaknya diukur dengan pages per minute.

Laser Printers
Jenis printer yang menghasilkan cetakan yang baik dengan kecepatan tinggi. Printer ini didesain untuk memberikan hasil yang bagus dalam pencetakan grafik dan photo.

Printer laser mempunyai 6 (enam) langkah proses kerja, yaitu:
Cleaning :
Ketika tulisan telah dicetak ke atas kertas dan drum terangkat ke atas untuk membersihkan toner yang tersisa dari drum.



Conditioning :
Membersihkan tulisan yang tersembunyi dari drum untuk menerima tulisan berikutnya.

Writing :
Menulis tulisan dari drum ke kertas menggunakan sinar laser.

Developing :
Meletakkan tulisan tersembunyi ke dalam drum.

Transfering :
Menempelkan toner masuk ke dalam tulisan tersembunyi dalam drum untuk dikirim ke kertas.

Fusing :
Untuk memanasi toner yang di letakkan pada kertas agar melekat dengan kuat.

Minggu, 23 Mei 2010

Apa itu Anggar??



Anggar adalah olahraga ketangkasan dengan senjata yang menekankan pada teknik kemampuan seperti memotong, menusuk atau menangkis senjata lawan dengan menggunakan keterampilan dalam memanfaatkan kelincahan tangan. kata "anggar" dalam bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Perancis "en garde", artinya dalam Bahasa Indonesia berarti "bersiap". Kata "en garde" digunakan sebelum permainan anggar dimulai, untuk memberi perintah "bersiap" kepada pemain. Dalam bahasa Perancis sendiri anggar disebut sebagai escrime.

Kalau kita membahas tentang aggar pasti kita teringat dengan pedang. Dahulu kala pedang di gunakan untuk alat melindungi dan membela diri. Sedangkan latar belakang permainan anggar adalah untuk melatih Manusia menggunakan kekuatan dan ketangkasannya, memilih bahan dan alat, meningkatkan ketrampilannya dengan menggunakan kepandaiannya.



Jenis-jenis pedang di bedakan menjadi 3 jenis yaitu, Floret, sabel dan degen. Floret adalah Pedang yang berbentuk langsing, lentur dan ringan, ujungnya datar atau bulat, tumpul dan berpegas. Bila ditusukkan dapat naik/turun, beratny 500 gram (5 ons). Pelindung tangan yang terdapat pada floret lebih kecil dibandingkan dengan Degen dan Sabel, Ujungnya untuk menusuk dan bagian bawah pedang untuk menangkis dan menekan. Sedangkan Sabel adalah Pedang yang berbentuk segitiga dan sudutnya tidak tajam, seperti parang kecil, semakin keatas semakin pipih dan ujungnya ditekuk hingga tidak meruncing, beratnya 500 gram. Pelindungan penuh menutupi tangan sampai pangkal tangkai. Bagian atas pedang untuk memarang dan bagian bawah untuk menangkis, serta ujungnya untuk menusuk. yang terakhir jenis Degen adalah Pedang berbentuk segitiga dan berparit, pada pangkalnya tebal dan samping keujung kecil, agak kaku. Ujungnya datar dan berpegas dengan pelindung tangan besar, beratnya 750-770 gram. Bagian bawah pedang untuk menangkis dan ujungnya untuk menusuk.

Cara memainkannya yaitu sebuah tim terdiri dari 3 pemain dan masing - masing akan berduel dengan anggota tim lawan di arena seluas 14×1,5 meter, dilengkapi dengan kabel dan kostum khusus, para pemain dihubungkan dengan sistem penilaian elektronik yang akan bereaksi jika terkena tusukan.

Kostum untuk para pemain adalah masker, sarung tangan, baju jaket terbuat dari bahan yang kuat berwarna putih, dan Untuk pemain Degen atau Floret, baju pemain terbuat dari metal.



Setiap wasit yang memimpin pertandingan, dapat menjatuhkan sanksi (hukuman) pada atlit, apabila melakukan pelanggaran yang ditentukan. Pelanggaran pertama, wasit mengeluarkan kartu kuning. Pelanggaran kedua, wasit mengeluarkan kartu merah. Pelanggaran ketiga, wasit mengeluarkan kartu hitam, (pelanggaran berat, atlit diskor dari pertandingan).

Mengenal Catur


Apa itu catur?, bagaimana cara memainkannya?, Apa istilah lain dari catur? dan Apa saja jenis dari catur?, Ya, saya akan mencoba mengulas semua tentang catur dari definisi, istilah dan jenis-jenisnya.

Catur adalah suatu permainan mental yang biasanya di mainkan oleh 2 orang. Orang yang memainkan catur di sebut pencatur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu lawan banyak. Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.

Istilah catur di ambil dari bahasa Sansekerta yang artinya `empat`, yang merupakan singkatan dari kata caturangga yang berarti `empat sudut`. Di india kuno catur di mainkan oleh 4 orang sedangkan catur modern umumnya di mainkan oleh 2 orang.

Catur dimainkan di atas papan dengan8 lajur dan 8 baris kotak/petak berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) secara berselang seling. Permainan dimulai dengan 16 buah pada masing-masing pihak, yang disusun berbaris secara khusus pada masing-masing sisi papan catur secara berhadap-hadapan. satu buah untuk satu petak, bagian terdepan di isi oleh 8 poin, di belakang 2 benteng, dua kuda, dan dua gajah, satu menteri atau ratu atau ster, serta satu raja.

Sebelum bertanding, pecatur memilih warna buah yang akan ia mainkan. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian. Tujuan permainan adalah mencapai posisi skak mat. Hal ini bisa terjadi bila Raja terancam dan tidak bisa menyelamatkan diri ke petak lain. Tidak selalu permainan berakhir dengan kekalahan, karena bisa terjadi pula peristiwa seri atau remis di mana kedua belah pihak tidak mampu lagi meneruskan pertandingan karena tidak bisa mencapai skak mat. Peristiwa remis ini bisa terjadi berdasarkan kesepakatan maupun tidak. Salah satu contoh remis yang tidak berdasarkan kesepakatan - tetapi terjadi adalah pada keadaan remis abadi. Keadaan remis yang lain adalah keadaan pat, dimana yang giliran melangkah tidak bisa melangkahkan buah apapun termasuk Raja, tetapi tidak dalam keadaan terancam skak. Dalam pertandingan catur pihak yang menang biasanya mendapatkan nilai 1, yang kalah 0, sedang draw 0.5.

Demikian ketentuan dari permainan ini, di butuhkan pengasahan otak dalam permainan ini karena seseungguhnya catur juga merupakan olahraga secara rohani.

Banyak sekali jenis atau versi dari catur, diantaranya Catur Klasik, Catur Cepat, Catur Kilat, Catur Buta, Catur Simultan, Catur Tandem, Catur Estafet, Catur Online, Catur Korespondensi, Catur Kartu dan sebagainya.

Komponen Dasar Program Pascal

Pola susun bahasa Pascal dibentuk dengan menggunakan komponen bahasa pemrograman yang umum, yaitu :
1. Simbol Dasar
2. Reserved Word (kata pasti)
3. Identifier (penyebut)


1. Simbol Dasar.
Simbol dasar terdiri atas :
1. Simbol huruf, yaitu huruf A sampai dengan Z atau a sampai dengan z.
(huruf besar dan kecil).
2. Simbol angka atau digit yaitu : 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9.
3. Simbol khusus, yaitu
+ - * / ; := , ‘ = < > <= >= <> : { } ( ) [ ]

2. Reserved Word (kata pasti)
Reserved Word adalah suatu kata yang secara mutlak tidak boleh diartikan lain dan harus digunakan sebagaimana yang telah didefinisikan atau ditentukan kegunaanya oleh bahasa Pascal. Reserved word ini tidak boleh didefinisikan ulang oleh pemakai, sehingga tidak dapat dipergunakan sebagai pengenal (identifier)
Reserved Word ini jumlahnya berbeda untuk masing-masing bahasa Pascal.

Contoh beberapa reserved word yang telah didefinisikan oleh bahasa pascal antara lain


AND ELSE LABEL SET
ARRAY END OF TYPE
BEGIN FUNCTION OR UNTIL
CASE FOR PROCEDURE VAR
CONST GOTO PROGRAM WHILE
DO IF RECORD WITH
DOWNTO IN REPEAT dsb



3. Identifier (sebutan/pengenal)
Identifier merupakan sebuah kata yang digunakan sebagai nama atau sebutan terhadap sesuatu didalam program. Pemakai dapat mendefinisikan sendiri suatu nama sebagai identifier.

Identifier ini terdiri atas :
1. Identifier Standar, yaitu identifier yang telah didefinisikan oleh bahasa pascal.
Contoh dari Identifier standar ini antara lain:
ABS LN
ARCTAN ODB
BOOLEAN PRED
CHAR ROUND
CHR READ
COS READLN
EOF SQR
EOLN SQRT
EXP SUCC
Dan masih banyak lagi.

2. Identifier Non Standar; yaitu identifier yang didefinisikan oleh pemakai bahasa pascal; misalnya;
3. nama suatu program
4. nama suatu konstanta
5. nama suatu variabel
6. nama suatu procedure
Identifier ini bebas, tetapi dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
7. terdiri dari gabungan huruf dan angka dengan karakter pertama harus berupa huruf. Huruf besar dan huruf kecil dianggap sama.
8. Tidak boleh mengandung blank.
9. Tidak boleh mengandung simbol-simbol khusus, kecuali garis bawah.
10. Panjangnya bebas, tetapi hanya 63 karakter pertama yang dianggap signifikan.
Contoh :

Konsep Dasar Bahasa Pascal

Sejarah Singkat Bahasa PASCAL

Bahasa PASCAL pertama kali dikembangkan pada awal tahun 70-an oleh NICLAUS WIRTH di Technical University, Zurich – Swiss.
Nama PASCAL diambil dari nama seorang ahli matematika bangsa Perancis, yaitu BLEISE PASCAL yang telah berjasa menemukan alat hitung mekanis pertama didunia pada abad ke-17.
Bahasa pemrograman ini termasuk kategori “High Level Language”. Instruksi-instruksi yang digunakan dalam bahasa pemrograman ini sangat sistematis dan terstruktur.
Pada Awalnya bahasa pemrograman ini diperkenalkan dengan tujuan untuk menjelaskan masalah pemrograman komputer bagi mahasiswa yang belajar pemrograman komputer.
Ternyata dalam waktu singkat, nahasa pemrograman ini menjadi salah satu bahasa yang sangat populer dikalangan universitas, sehingga menjadi julukan sebagai bahasa universitas.
Mulai dari awal perkembangannya hingga saat ini banyak sekali jenis bahasa pemrograman ini, masing-masing merupakan hasil pengembangannya, antara lain :
UCSD Pascal
Microsoft Pascal
Apple Pascal
Turbo Pascal
dsb
Diantara versi-versi yang ada, Turbo Pascal merupakan versi yang sangat populer saat ini.

Struktur Dan Komponen Dasar Program Pascal.

Struktur dari suatu program Pascal terdiri dari sebuah judul program dan suatu blok program atau badan program. Blok program dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu bagian deklarasi dan bagian pernyataan (statement).

Struktur program :
Judul Program PROGRAM nama-program;
Blok Program
Bagian deklarasi
- deklarasi label LABEL nama-label;
- deklarasi konstanta CONST…………..;
- deklarasi tipe TYPE …………….;
- deklarasi variabel VAR ……………...;
- deklarasi prosedur PROCEDURE nama-prosedur;
……………………………….;
- deklarasi fungsi FUNCTION nama-fungsi;
………………………….;
Bagian Pernyataan
Begin
(statement)
…………;
…………;
end.

Contoh : Menghitung luas bidang berbentuk empat persegi panjang dengan panjang P
dan lebar L.

PROGRAM Luas; {Judul}
VAR P,L,Luas : real; {Deklarasi variabel}
BEGIN
Read (P,L); {Statemant}
Luas := P*L; {Statement}
Write (P,L,Luas); {Statement}
END.

Judul program sifatnya adalah optional, dan bila ditulis, harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan titik koma.
Bagian deklarasi digunakan bila di dalam program digunakan pengenal ( identifier). Identifier dapat berupa label, konstanta, tipe, variabel, prosedur dan fungsi. Kalau suatu program menggunakan identifier, Pascal menuntut supaya identifier tersebut diperkenalkan terlebih dahulu sebelum digunakan, yaitu dideklarasikan terlebih dahulu pada bagian ini.
Beberapa aturan dalam program Pascal :
• Akhir sebuah program Pascal ditandai dengan tanda baca titik (.) setelah END yang paling akhir.
• Tanda titik koma (;) merupakan pemisah antar instruksi satu dengan lainnya.
• Beberapa statement boleh ditulis menjadi satu baris dipisahkan dengan tanda baca titk koma (;)
Contoh : simpan := akhir; akhir := simpan + awal;
• Baris komentar diletakkan diantara tanda (* dan *) atau diantara tanda { dan }
Contoh : Var rerata : real; (*nilai rata-rata*)
Nil1 : real; {nilai ujian}

Mobil Sapu Angin


Mobil sapu angin adalah mobil yang ramah lingkungan karena hemat bahan bakar. Nama sapu angin diambil dari nama jurus sakti milik Sunan Kalijaga, yakni jurus untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa harus membuang banyak energi.

Mobil ini di kembangkan oleh tim yang terdiri dari 14 orang mahasiswa angkatan 2005 dan 2006 di Jurusan Teknik Mesin ITS. Ide yang luar biasa ini datang dari tim ini sendiri, dibantu oleh Dr M. Nur Yuniarto, dosen pembimbing mereka. Sementara ide mengenai nama Sapu Angin dilontarkan oleh Ketua Jurusan mereka, Dr. Ing Herman Sasongko.

Kelebihan dari mobil ini adalah Berat kendaraannya ringan, irit bensin, dan ramah lingkungan. Hebatnya lagi mulai dari konsep hingga produksinya dilakukan mereka sendiri. Wahhh.... Saluttt deh!!! :D



Ada dua jenis mobil sapu angin yang di buat oleh mahasiswa ITS ini, Yaitu mobil sapu angin 1 dan 2. Perbedaannya mobil sapu angin 1 berbentuk futuristik, seperti tetesan air, dan menggunakan sistem cangkang tunggal. Istilahnya monocoque. Jadi, rangka dan badannya tergabung menjadi satu. Sementara Sapu Angin 2 bentuknya seperti mobil biasa karena dibuat sebagai mobil urban atau perkotaaan dan menggunakan sistem rangka seperti mobil-mobil pada umumnya. Bodinya terbuat dari fiber glass dan rangkanya dari bahan aluminium. Sapu Angin 1 berukuran lebih mungil dan hanya cukup untuk menampung satu orang penumpang, sedangkan Sapu Angin 2 dibuat untuk dua orang penumpang. Persamaan dari kedua mobil sapu angin ini adalah sama-sama berbahan bakar bensin.

Dalam hal kecepatan, Sapu Angin 2 lebih unggul ketimbang Sapu Angin 1. Alasannya, Sapu Angin 1 lebih dititikberatkan sebagai kendaraan irit BBM. Karena itu, faktor kecepatannya harus dikorbankan. Sebaliknya, Sapu Angin 2 yang dirancang sebagai mobil perkotaan harus nyaman bagi para penggunanya.

Sapu Angin 1 berbobot ringan, sekitar 35?40 kilogram. Mobil yang terbuat dari bahan baku fiber glass ini memiliki kerangka yang terbuat dari Poly Urethane atau gabus padat. Mobil ini hanya membutuhkan satu liter bensin untuk menempuh jarak 1.000 km. Sementara kecepatan maksimal yang dapat ditempuhnya adalah 35 km per jam.

Kalau dibilang mobil ini memang luar biasa yaa. Namun sepertinya mobil sapu angin ini belum ada di pasaran dan baru menjadi mobil percobaan karena bentuknya sangat mungil, hanya bisa satu atau dua orang saja yang menaikinya, itu pun harus yang berbadan mungil juga. Yahhh,, saya ga bisa naik mobil ini dong?? hhehe :D

Sabtu, 22 Mei 2010

Taukah Kamu??


Taukah kamu kalau anjing bisa mati bila memakan coklat??
Bagi kita memang coklat sangatlah enak, tapi bagaimana bagi binatang seperti anjing, kucing dan tikus??

Ternyata cokelat bisa menjadi racun untuk sebagian hewan bila dikonsumsi. Hewan-hewan yang bereaksi keracunan pada kandungan teobromin diantaranya adalah kuda, anjing, burung kakak tua, tikus-tikus jenis kecil dan kucing (khususnya anak kucing), ini dikarenakan metabolisme tubuh mereka tidak dapat mencerna kandungan kimia ini secara efektif. Bila mereka diberi makan cokelat maka kandungan teobromin akan tetap berada dalam aliran darah mereka hingga 20 jam, akibatnya hewan-hewan ini mungkin mengalami epilepsi dan kejang-kejang, serangan jantung, pendarahan internal, dan pada akhirnya menyebabkan kematian. Penanggulangannya adalah dengan merangsang hewan-hewan ini agar memuntahkan cokelat dan secepat mungkin membawa mereka ke dokter hewan.

Wahhh,,, pasti ga kebayangkan kalau coklat yang umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hari raya, Dengan bentuk, corak, dan rasa yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan terima kasih, simpati, atau perhatian. Bahkan sebagai pernyataan cinta, ternyata bagi hewan seperti anjing, kucing dan tikus adalah racun yang mematikan. hhehe

Gasing


Siapa yang tidak mengenal mainan yang satu ini, berbentuk bulat dengan bagian bawah yang lancip dan dimainkan dengan cara di putar dengan tali, Apa lagi kalau bukan Gasing. Seperti yang kita ketahui Gasing adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan berkesetimbangan pada suatu titik. Gasing merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali. Selain merupakan mainan anak-anak dan orang dewasa, gasing juga digunakan untuk berjudi dan ramalan nasib.

Sebagian besar gasing dibuat dari kayu, walaupun jaman sekarang sering dibuat dari plastik, atau bahan-bahan lain. Kayu diukir dan dibentuk hingga menjadi bagian badan gasing. Tali gasing umumnya dibuat dari nilon, sedangkan tali gasing tradisional dibuat dari kulit pohon. Panjang tali gasing berbeda-beda bergantung pada panjang lengan orang yang memainkan.

Gerakan gasing berdasarkan efek giroskopik. Gasing biasanya berputar terhuyung-huyung untuk beberapa saat hingga interaksi bagian kaki (paksi) dengan permukaan tanah membuatnya tegak. Setelah gasing berputar tegak untuk sementara waktu, momentum sudut dan efek giroskopik berkurang sedikit demi sedikit hingga akhirnya bagian badan terjatuh secara kasar ke permukaan tanah.

Menarik bukan?? kalau ingat gasing jadi kembali ke masa kanak-kanak.. hhe

Gasing di indonesia pasti berbeda dengan gasing di berbagai negara. Tapi yang saya ketahui gasing merupakan salah satu permainan tradisional Nusantara, walaupun sejarah penyebarannya belum diketahui secara pasti.

Di wilayah Pulau Tujuh (Natuna), Kepulauan Riau, permainan gasing telah ada jauh sebelum penjajahan Belanda. Sedangkan di Sulawesi Utara, gasing mulai dikenal sejak 1930-an. Permainan ini dilakukan oleh anak-anak dan orang dewasa. Biasanya, dilakukan di pekarangan rumah yang kondisi tanahnya keras dan datar. Permainan gasing dapat dilakukan secara perorangan ataupun beregu dengan jumlah pemain yang bervariasi, menurut kebiasaan di daerah masing-masing. Hingga kini, gasing masih sangat populer dilakukan di sejumlah daerah di Indonesia. Bahkan warga di kepulauan Rian rutin menyelenggarakan kompetisi. Sementara di Demak,biasanya gasing dimainkan saat pergantian musim hujan ke musim kemarau. Masyarakat bengkulu ramai-ramai memainkan gasing saat perayaan Tahun Baru Islam, 1 Muharram.

Nama dari gasing dari berbagai daerah pun berbeda-beda, kalau di Jawa Barat dan DKI Jakarta menyebutnya gangsing atau panggal. Masyarakat Lampung menamaninya pukang, warga Kalimantan Timur menyebutnya begasing, sedangkan di Maluku disebut Apiong dan di Nusatenggara Barat dinamai Maggasing. Hanya masyarakat Jambi, Bengkulu, Sumatera Barat, Tanjungpinang dan Kepulauan Riau yang menyebut gasing.

Nama maggasing atau aggasing juga dikenal masyarakat bugis di Sulawesi Selatan. Sedangkan masyarakat Bolaang Mangondow di daerah Sulawesi Utara mengenal gasing dengan nama Paki. Orang jawa timur menyebut gasing sebagai kekehan.Sedangkan di Yogyakarta, gasing disebut dengan dua nana berbeda. Jika terbuat dari bambu disebut gangsingan, dan jika terbuat dari kayu dinamai pathon.

Bukan hanya nama yang berbeda-beda bentuk di berbagai daerah juga berbed-beda, misalnya pada di Ambon (apiong) memiliki kepala dan leher. Namun umumnya, gasing di Jakarta dan Jawa Barat hanya memiliki bagian kepala dan paksi yang tampak jelas, terbuat dari paku atau logam. Sementara paksi gasing natuna, tidak nampak.

Cara membedakan gasing yaitu gasing adu bunyi, adu putar dan adu pukul. Cara memainkan gasing, tidaklah sulit. Yang penting, pemain gasing tidak boleh ragu-ragu saat melempar gasing ke tanah. Gasing di pegang di tangan kiri, sedangkan tangan kanan memegang tali. Lilitkan tali pada gasing, mulai dari bagian paksi sampai bagian badan gasing. lilit kuat sberputar.

Kaum Adam Dominasi Pengguna iPad


iPad banyak digunakan oleh pria mapan yang senang menggunakan Flickr. Demikian menurut survai yang diadakan Yahoo baru-baru ini.

Jumlah pengguna iPad yang berjenis kelamin pria berada pada posisi dua banding satu dibanding kelompok pengguna wanita. Angka tersebut tampak terutama pada kelompok usia 35-44. Hampir setengah dari mereka sudah memiliki iPhone.

Menurut Ashley Cheng dari Yahoo Insights, 94 persen dari pengguna pertama iPad adalah mereka yang memiliki kekayaan solid dan jumlah pendapatan terkuat menurut Yahoo AS.

Lagi menurut Cheng, penggunaan iPad untuk kepentingan Flickr mencapai angka 143 persen lebih tinggi daripada rata-rata pengguna iPad. Sebagian besar dari mereka biasanya menggunakan iPad untuk melakukan browsing dan konsumsi media. “Mengunjungi Flickr salah satunya,” tegas Cheng.

Bagi sebagian pihak, hal ini mungkin mengejutkan. Apalagi jika mengingat iPad belum resmi diluncurkan ke luar AS. Namun demikian, Yahoo seakan membela Apple dengan melontarkan pernyataan bahwa kini semakin banyak lalu lintas internasional yang dapat digunakan untuk mengantarkan iPad. Yahoo menjelaskan setidaknya terdapat 10 persen lalu lintas IP yang berasal dari Eropa dan Asia Afrika.

“Lebih khusus lagi, Inggris, Perancis, dan Jerman adalah negara-negara teratas di Eropa. Sementara Taiwan dan Hongkong menjadi nahkoda untuk kawasan Asia Pasifik.

sumber: http://www.infokomputer.com/reguler/kaum-adam-dominasi-pengguna-ipad

Conditional Sentences

Conditional Sentences adalah kalimat yang di gunakan untuk membuat pengandaian, harapan, keinginan dan lain-lain yang mungkin dapat terjadi, peengandaian yang bertentangan dengan keadaan kini maupun pengandaian yang sudah tidak mungkin terjadi.



Conditional sentences biasanya terdiri dari dua bagian, yaitu induk kalimat dan anak kalimat. Anak kalimat bisa di letakkan di depan induk kalimat maupun di belakang induk kalimat.

Contoh bentuk-bentuk dari Conditional Sentences, Yaitu :
Future
1. Mungkin dapat terjadi di masa mendatang jika syarat-syaratnya terpenuhi.
Contoh:
- If you study hard, you will pas the test.
- Jika kau belajar dengan giat, kau pasti akan lulus tes.

2. Mengungkapkan suatu peristiwa yang mungkin terjadi jika syarat-syaratnya terpenuhi.
Contoh:
- If i have lots money, I will go to france.
- Jika aku punya uang, aku akan pergi ke Perancis.

3. Menyatakan suatu kebiasaan.
Contoh:
- If it rains, he usually picks up his wife from work.
- Jika hujan, ia biasanya menjemput istrinya pulang kerja.

4. Menyatakan perintah.
Contoh:
- If you borrow books from me, please return it on time.
- Jika kau meminjam buku dariku, tolong kembalikan tepat waktu.


Present
1. Menyatakan sesuatu yang berlawanan dengan kenyataan pada saat ini.
Contoh:
- If i were rich, i would have my own private jet.
- Jika aku kaya, aku akan memiliki pesawat jet pribadi.
Kenyataannya:
- i am not rich so i dont have my own private jet.
- Aku tidak kaya, jadi aku tidak punya pesawat jet pribadi.

2. Menyatakan sesuatu yang kemungkinan terjadinya kecil.
Contoh:
- If you were here righ now, i wouldn`t be so sad.
- Jika kau ada di sini saat ini, aku takkan bersedih.
Kenyataannya:
- You are not here right now, so i`m sad.
- Kau tidak ada di sini saat ini aku sedih.

Past
1. Suatu keadaan yang berlawanan dengan kenyataan pada masa lampau.
Contoh:
- She would have been your wife if you had proposed to her ten years ago.
- iya pasti sudah menjadi istrimu jika kau melamarnya sepuluh tahun lalu.
Kenyataannya:
- You didn`t propose to her ten years ago, she isn`t your wife.
- Kau tidak melamarnya sepuluh tahun lalu, ia bukan isrimu.

2. Hanya sekedar pengandaian di masa lampau.
Contoh:
- If she have know you lived in singapore, we would have drop by your phone.
- Jika kami tahu bahwa kamu pindah ke singapura, kami pasti singgah ke rumahmu.
Kenyataannya:
- We didn`t know you lived in singapore, we didn`t drop by your house.
- Kami tidak tahu kamu tinggal di singapura, kami tidak singgah ke rumahmu.