.quickedit{ display:none; }

Ini Adalah Blognya Ani.com Blognya Ani.com Blognya Ani.com
Powered By Blogger

Minggu, 23 Mei 2010

Mobil Sapu Angin


Mobil sapu angin adalah mobil yang ramah lingkungan karena hemat bahan bakar. Nama sapu angin diambil dari nama jurus sakti milik Sunan Kalijaga, yakni jurus untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa harus membuang banyak energi.

Mobil ini di kembangkan oleh tim yang terdiri dari 14 orang mahasiswa angkatan 2005 dan 2006 di Jurusan Teknik Mesin ITS. Ide yang luar biasa ini datang dari tim ini sendiri, dibantu oleh Dr M. Nur Yuniarto, dosen pembimbing mereka. Sementara ide mengenai nama Sapu Angin dilontarkan oleh Ketua Jurusan mereka, Dr. Ing Herman Sasongko.

Kelebihan dari mobil ini adalah Berat kendaraannya ringan, irit bensin, dan ramah lingkungan. Hebatnya lagi mulai dari konsep hingga produksinya dilakukan mereka sendiri. Wahhh.... Saluttt deh!!! :D



Ada dua jenis mobil sapu angin yang di buat oleh mahasiswa ITS ini, Yaitu mobil sapu angin 1 dan 2. Perbedaannya mobil sapu angin 1 berbentuk futuristik, seperti tetesan air, dan menggunakan sistem cangkang tunggal. Istilahnya monocoque. Jadi, rangka dan badannya tergabung menjadi satu. Sementara Sapu Angin 2 bentuknya seperti mobil biasa karena dibuat sebagai mobil urban atau perkotaaan dan menggunakan sistem rangka seperti mobil-mobil pada umumnya. Bodinya terbuat dari fiber glass dan rangkanya dari bahan aluminium. Sapu Angin 1 berukuran lebih mungil dan hanya cukup untuk menampung satu orang penumpang, sedangkan Sapu Angin 2 dibuat untuk dua orang penumpang. Persamaan dari kedua mobil sapu angin ini adalah sama-sama berbahan bakar bensin.

Dalam hal kecepatan, Sapu Angin 2 lebih unggul ketimbang Sapu Angin 1. Alasannya, Sapu Angin 1 lebih dititikberatkan sebagai kendaraan irit BBM. Karena itu, faktor kecepatannya harus dikorbankan. Sebaliknya, Sapu Angin 2 yang dirancang sebagai mobil perkotaan harus nyaman bagi para penggunanya.

Sapu Angin 1 berbobot ringan, sekitar 35?40 kilogram. Mobil yang terbuat dari bahan baku fiber glass ini memiliki kerangka yang terbuat dari Poly Urethane atau gabus padat. Mobil ini hanya membutuhkan satu liter bensin untuk menempuh jarak 1.000 km. Sementara kecepatan maksimal yang dapat ditempuhnya adalah 35 km per jam.

Kalau dibilang mobil ini memang luar biasa yaa. Namun sepertinya mobil sapu angin ini belum ada di pasaran dan baru menjadi mobil percobaan karena bentuknya sangat mungil, hanya bisa satu atau dua orang saja yang menaikinya, itu pun harus yang berbadan mungil juga. Yahhh,, saya ga bisa naik mobil ini dong?? hhehe :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar